Polling

Menurut anda Tampilan Web site ini Bagaimana ?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 1
Pengunjung Bulan ini : 128
Total Pengunjung : 129

Produk Unggulan

Beras Lokal BJ


Bumdes Berkah Jaya Desa Sungai Batang yang berdiri pada Tahun 2017, telah memiliki beberapa unti usaha dengan memanfaatkan sumber daya lokal seperti unti usaha pengilingan padi. gabah tersebut berasal dari petani yang menggarap lahan sawah tadah hujan yang ada di Desa Sungai Batang. Namun dengan banyaknya pesanan dari konsumen maka penggelolah Bumdes mendatangkan gabah dari luar desa. Dengan tetap menjaga kwalitas yang baik maka gabah yang dibeli  sesuai dengan gabah petani Desa Sungai Batang.

Prinsip sederhana yang dilakukan dalam pengolahan padi menjadi beras adalah sebagai berikut

  1. Tahapan pembersihan atau pemisah kotoran padi yang tedapat dalam kemasan karung dari petani yang menjual gabah. proses pemisahan ini dilakukan untuk menghindari kotoran yang mengganggu proses pengeringan dan tahapan berikutnya.
  2. Kadar air pada gabah sangat bervariasi, ada yang sedang dan ada yang terlalu tinggi. sehingga diperlukan proses pengeringan gabah untuk mengurangi kadar air dan mengurangi kerusakan dalam proses selanjutnya. Kadar air yang tinggi dapat membuat beras menjadi rusak dan hancur.
  3. Pengupasan sekam dari gabah merupakan proses yang sangat penting karena besar kecilinya gabah yang terkelupas tergantung dari setelan mesin pemecah gabah. Karena keutuhan dan kebersihan merupakan mutu kwalitas beras yang bersih.
  4. Selanjutnya pemutihan beras yang merupakan proses penyempurnaan bulir-bulir beras sehingga tampak mengkilap dan putih bersih.
  5. Tahapan ahir adalah pengemasan beras yang siap di distribusikan kepada konsumen. pengemasan dilakukan dengan karung yang berukuran 10 kg dan di jahit mengunakan mesin pengemas dengan tujuan mempercepat pekerjaan dan dapat menjaga kwalitas produk dalam proses pengemasan yang tepat.

Share :  

Gambar Lainnya